IBX591D315EEDFC0 6 Langkah Agar Tenang Menyewa Apartemen - Spirit-Berbagie

Breaking

Senin, 22 Mei 2017

6 Langkah Agar Tenang Menyewa Apartemen

Untuk menyewa apartemen di Jakarta, bisa dikatakan susah-susah gampang. Ada banyak apartemen di Jakarta yang disewakan. Harganya pun tinggi. Walau begitu, masih banyak yang mencari apartemen di Jakarta. Karena, dibanding harus membeli rumah yang harganya tinggi, mereka lebih memilih untuk menyewa apartemen. Sebagai gambaran, harga rumah KPR murah di Jakarta Selatan saja kini sudah ada yang berharga miliaran rupiah. Namun, sebelum anda menyewa apartemen, ada beberapa tips yang bisa diikuti.
 
sumber foto: rumah.com
Jujur 
Ketika menyewa apartemen, cobalah untuk selalu jujur. Jujurlah akan segala yang terjadi di apartemen. Jika bagian apartemen mengalami kerusakan, cobalah untuk bertanggung jawab dan memperbaikinya. Hal ini akan membantu Anda untuk menjalin hubungan baik dengan pemilik. Cobalah juga untuk selalu membayar tepat waktu agar tidak terjadi permasalahan ke depannya.
 
Foto Kondisi Unit Sebelum Mengisi
Ada baiknya Anda mengambil gambar apartemen yang akan Anda sewa. Foto beberapa bagian yang kurang baik atau rusak. Minta kepada pemilik untuk memperbaikinya. Jika ternyata pemilik tidak memberikan respon, berarti pemilik Kuang peduli terhadap penyewa. Jika kerusakan tersebut tidak terlalu mengganggu, abaikan saja. Yang terpenting, Anda sudah memiliki bukti bahwa kerusakan bukan disebabkan oleh Anda.

Fasilitas Tambahan yang Dibutuhkan
Tawar-menawar harga biasanya tidak lazim dilakukan ketika meyewa apartemen di Jakarta. Namun, bukan berarti pemilik apartemen tidak bisa memberikan kelonggaran. Bicarakan keinginan Anda, apakah dengan harga yang telah ditetapkan, akan ada fasilitas tambahan seperti parkir tambahan atau penitipan hewan pemeliharaan gratis. Biasanya, jika Anda menyewa apartemen dalam waktu lama, pemilik akan memberikan tambahan fasilitas.

Surat Perjanjian Sewa ke Pemilik

Mintalah surat perjanjian sewa kepada pemilik. Teliti betul surat perjanjian tersebut, dan jika ditemukan klausa yang kurang jelas, jangan ragu untuk menanyakan dan memperbaikinya. Ingatlah, seluruh perjanjian yang tercantum harus disetujui, dipahami, dan dimengerti betul oleh kedua belah pihak, baik Anda sebagai penyewa maupun pemilik.
Pelajari apa yang menjadi hak Anda dan apa yang menjadi kewajiban Anda. Pelajari dan pahami pula apa hak dan kewajiban dari pemilik dalam surat perjanjian tersebut. Jika kedua pihak memahami perjanjian yang ada, maka sewa menyewa apartemen pun akan lebih tenang. 

Cari Informasi ke Penghuni Lain

Jangan malu dan ragu untuk bertanya terlebih dahulu ke pada penghuni lain di apartemen. Tanyakan bagaimana aktivitas sehari-hari, bagaimana pemilik memperhatikan penghuni, bagaimana keamanan dan kenyamanannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar