IBX591D315EEDFC0 Pentingkah Mahasiswa Berorganisasi? - Spirit-Berbagie

Breaking

Rabu, 17 Mei 2017

Pentingkah Mahasiswa Berorganisasi?

Di pagi hari tadi, saya berselancar di dunia maya Facebook untuk memantau notifikasi akun pribadi saya, dan secara tak sengaja saya mendapati seorang blogger yang membagikan hasil karya tulisnya melalui blog dan meminta para partisipan untuk mengkritik blognya. Secara kasat mata, tampilan dari template yang digunakan itu cukup bagus, namun apa yang dia share kepada publik, mengundang daya kritis saya muncul.
sumber foto: lpminstitut.com
Pada postingannya tersebut, dia menyatakan bahwa jika seseorang ingin cepat lulus dari bangku perkuliahannya, maka hendaknya dia harus meninggalkan kegiatan organisasi. Pada tulisannya itu pula, dia mengemukakan alasan-alasan klasik yang dialami oleh para penggiat kegiatan organisasi. Dalam pandangannya, mahasiswa yang biasa bergelut dengan organisasi biasanya lupa dengan tugas pokoknya sebagai mahasiswa, dan dia pun mengatakan bahwa orang yang berorganisasi itu sering lupa dengan tugas kuliahnya.

Hal ini memang terjadi bagi sebagian mahasiswa yang terlalu memforsir tenaga dan pikirannya terhadap perkembangan organisasi yang dibelanya. Namun pada konten yang diposting oleh saudara itu mengatakan seolah-olah semua mahasiswa yang bergulat dengan organisasi itu teledor dengan kuliahnya. Hal yang perlu digaris bawahi pada konten saudara tersebut adalah untuk tidak membuat kesimpulan yang berlaku secara general bagi setiap mahasiswa yang berorganisasi.

Pandangan seperti ini bisa saja mengakibatkan seseorang takut dan anti terhadap kegiatan organisasi, padahal dengan jalan berorganisasi, seorang mahasiswa akan berlatih untuk mengasah soft skillnya. Di dalam berorganisasi, seorang mahasiswa akan melatih kepeduliannya terhadap keadaan organisasinya, sehingga ketika terjadi sesuatu dalam organisasinya, dia akan berusaha menyelesaikannya. Selain itu, seorang mahasiswa yang berorganisasi itu juga berlatih untuk mengasah daya kepemimpinannya, baik memimpin organisasi atau memimpin dirinya sendiri. 

Kita dapat ketahui bersama, bahwa melatih kepemimpinan dan kepekaan terhadap suatu perkara, sangat jarang ditemui di dalam kelas perkuliahan. Dengan begitu, nampak keliru jika ada orang yang beranggapan bahwa organisasi itu menghambat kelulusan seseorang. Justru dengan berorganisasi, kita akan mengasah kemampuan soft skill kita, sehingga kamu tak perlu ragu untuk berorganisasi, karena akan ada banyak hal yang bisa kamu temukan dalam berorganisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar