IBX591D315EEDFC0 Puasa Mau Menyapa, Bagaimana Persiapanmu - Spirit-Berbagie

Breaking

Kamis, 11 Mei 2017

Puasa Mau Menyapa, Bagaimana Persiapanmu

Sungguh tak terasa, sebentar lagi kita akan menghadapi bulan Ramadhan, di mana kaum muslimin akan berpuasa selama sebulan penuh. Dengan jarak waktu yang singkat ini, persiapkan apa saja yang telah kamu lakukan untuk menyambutnya.
Ramadhan, bulan penuh dengan ampunan
Bulan Ramadhan biasa dikenal sebagai bulan yang penuh dengan rahmat, karena saat bulan Ramadhan orang-orang khususnya kaum muslimin akan berbondong-bondong dan saling berlomba untuk mengerjakan amal ibadah. Oleh karena meningkatnya jumlah manusia yang beribadah hanya kepada Tuhan Yang Esa, membuat curahan rahmat akan berkucuran kepada manusia yang melaksanakannya.

Puasa juga dikenal sebagai bulan yang penuh dengan ampunan, oleh karena manusia di bulan puasa selalu berusaha memanjatkan doa untuk diampuni segala dosanya. Hal ini dilakukan oleh karena mengingat manusia tidak terlepas dari yang namanya dosa dan bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling tepat untuk bertobat, karena langkah pengampunan di bulan ini lebih dimudahkan jika dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Mengapa di bulan puasa turunnya rahmat dan ampunan kepada manusia menjadi lebih mudah? Hal ini disebabkan oleh keadaan manusia yang sedang berpuasa itu berada dalam fase letih dan kekurangan tenaga, oleh karena berkurangnya jumlah asupan makanan dan minuman. Di kala lelah dan letih tersebut, manusia hanya akan meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa guna memberikannya kekuatan untuk menjalani puasa. Keadaan tersebut pula yang menjadikan mudahnya diturunkan rahmat dan ampunan, karena pada saat itu manusia memang sangat membutuhkannya.

Adapun mengenai waktu berpuasa, tentu kalian telah mengetahuinya kan?. sebagai informasi bahwa puasa merupakan aktivitas menahan diri dari makan, minum dan hal-hal yang dapat merusak nilai puasa tersebut, dimulai sejak terbitnya fajar sampai dengan terbenamnya matahari.

Saat sebelum puasa dimulai, hal apa yang kiranya ingin kamu lakukan dan hal yang ingin kamu raih? Hendaknya bagi kita semua mempersiapkannya, agar puasa yang kita tunaikan memiliki dampak positif bagi kepribadian kita baik kepada sesama, terlebih lagi kepada yang Maha Kuasa, tentu harus menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar