IBX591D315EEDFC0 Jangan Liburan ke Israel Sebelum Tahu Fakta-fakta Berikut! - Spirit-Berbagie

Breaking

Selasa, 15 Agustus 2017

Jangan Liburan ke Israel Sebelum Tahu Fakta-fakta Berikut!

Bagi sebagian orang terutama para traveler, mungkin berkunjung ke destinasi wisata yang itu-itu saja sudah cukup membosankan. Jadilah mereka mencari sebuah destinasi yang tidak banyak dikunjungi dan bisa dibilang anti mainstream. Dari berbagai destinasi wisata anti mainstream yang ada di dunia ini, pernahkah terlintas di kepala kamu tentang mengunjungi Israel? 
Memang ada stigma tersendiri yang membuat orang merasa takut untuk berkunjung ke Israel. Tidak bisa dipungkiri konflik tak berkesudahan yang ada di perbatasan sana memang penuh dengan risiko. Tapi, ketakutan itu baiknya dilawan dan kita perlu melihat dan membuka mata tentang dunia. Namun, jangan dulu liburan ke Israel sebelum kamu tahu tentang berbagai fakta berikut ini.

1. Pemegang paspor Israel dilarang masuk negara-negara tertentu
Ternyata untuk pemegang paspor Israel, tidak semua negara bisa ia masuki. Dengan kata lain mereka dilarang untuk memasuki negara-negara tertentu. Ada sebuah stempel yang tertera di dalam paspor mereka yang membuat mereka tidak bisa berkunjung ke negara seperti Bangladesh, Iran, Libya, Sudan, Brunei Darussalam, Irak (non Kurdistan), Somalia, Suriah, Lebanon, Yaman, dan Pakistan.

Beberapa negara yang menerima paspor Israel adalah Uni Emirat Arab, hingga Indonesia. Hanya saja jika ingin berkunjung ke Indonesia pemegang paspor Israel hanya bisa melewati tiga bandara saja yakni Bandara Soekarno Hatta, Bandara Ngurah Rai di Bali, dan Bandara Juanda di Surabaya.

2. Mata uang Israel yang lain daripada yang lain
Jika dilihat sekilas memang tidak ada perbedaan yang mencolok antara mata uang Israel dengan mata uang negara lainnya. Hanya saja jika sudah ditilik lebih dalam dan diraba akan terasa perbedaannya. Mata uang Israel adalah Shekel, bahan yang digunakan juga dari bahan yang khusus. Itulah yang membedakannya dengan mata uang negara lain. Di setiap pecahan mata uang Shekel juga ada tanda dan huruf Braile yang bisa memudahkan para tuna netra setiap mereka akan bertransaksi.

3. Di Israel perempuan juga harus mengikuti Wajib Militer
Ada beberapa negara di dunia yang memberlakukan wajib militer bagi warga negaranya. Namun, kebanyakan hanya mewajibkan warga negara laki-lakinya saja. Lain hal dengan Israel yang turut mewajibkan warga negara perempuannya juga untuk mengikuti wajib militer. Karena memang konflik yang sering terjadi di sana, seluruh pemuda pemudi yang telah memenuhi persyaratan diwajibkan untuk mengikuti wajib militer tersebut saat menginjak usia 18 tahun. Setiap warga negara dianggap memiliki kewajiban yang sama untuk membela negara mereka.

4. Ada kantor pos untuk tuhan 
Kantor pos untuk tuhan mungkin terdengar janggal, namun itu benar adanya. Tepatnya di tembok ratapan yang terletak di Yerusalem. Para peziarah atau memang wisatawan yang sengaja datang untuk berdoa di tembok ratapan atau yang juga dikenal dengan nama Kotel dalam bahasa Ibrani. Di sepanjang tembok tersebut ada banyak rekahan berbagai ukuran. Nah, di situlah para pengunjung akan memasukkan surat mereka untuk tuhan.

5. Hari Sabtu adalah hari dilarang merokok di seluruh Israel
Pemerintah Israel menerapkan aturan yang serius tentang bahaya merokok. Jadiah pada hari Sabtu ditetapkan sebagai hari dilarang merokok. Memang masih banyak warga negara yang curi-curi kesempatan untuk merokok, tapi peraturan ini benar-benar harus dijalankan terutama di ruang publik. Mulai dari pusat kegamaan maupun di hadapan orang Yahudi Ortodoks karena bisa menyinggung mereka.

6. Banyak bangunan tua cantik di sini
Tidak banyak yang tahu bagaimana kebudayaan klasik yang pernah terjadi di Israel, bahkkan tidak banyak yang tahu juga kalau Israel benar-benar memiliki budaya. Namun, di beberapa sudut kota kita akan menemui bangunan tua yang cantik dengan arsitektur yang tak kalah indah dengan bangunan tua yang biasa ditemui di Eropa. Bangunan ini tentu bisa jadi spot foto yang menarik dan instagenic jika kamu berkunjung ke sana dan melakukan hunting foto.

Memang, karena konflik yang tak berkesudahan di perbatasan antara Israel dan Palestina, banyak yang menganggap bahwa negara tersebut berbahaya. Namun, kalau kamu sudah punya nyali dan tekad yang kuat untuk ke sana, apa salahnya dicoba. Kan pasti bisa terwujud ketika modal niat bercampur campur nekat. Yang terpenting buat rencana dan juga persiapan finansial yang matang. Karena kita tidak akan pernah tau apakah liburan akan berjalan sesuai rencana atau tidak.

Nah, kalau kamu sudah punya tekad bulat dan beberapa persiapan, tinggal siapkan tiket pesawat kamu. Belum banyak maskapai yang melayani rute penerbangan ke sana. Namun kamu bisa coba cek tiket pesawat Garuda Indonesia. Jangan lupa untuk mengecek harga tiket termurah di Reservasi.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar